APA ITU JURUSAN TEKNIK PLANOLOGI ?

Jurusan Teknik Planologi atau Perencanaan Wilayah dan Kota merupakan salah satu jurusan yang ada di bawah Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Pada saat pendiriannya tahun 1992, merupakan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota yang kedua setelah ITB di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri Indonesia. Saat ini, Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP telah memperoleh Akreditasi A berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 033/BAN-PT/Ak-X/S1/I/2008

lalu apa itu jurusan teknik planologi ? sebagai seorang mahasiswa jurusan teknik planologi UNDIP saya sering sekali mendengar pertanyaan seperti itu. Saya akui pengetahuan masyarakat mengenai jurusan ini masih minim, padahal jurusan ini memegang peranan yang sangat penting dalam pembangunan nasional.

teknik planologi atau biasa dikenal dengan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota adalah jurusan yang mempelajari perencanaan perkotaan dan wilayah. Pada jurusan ini dipelajari dasar-dasar perencanaan, morfologi kota, perpetaan, struktur tanah, transportasi, serta desain. Selain ilmu-ilmu mngenai keteknikan pada jurusan ini juga dipelajari ilmu mengenai ekonomi dan sosial kota maupun wilayah.

Lulusan sarjana teknik planologi biasa disebut sebagai planner, seorang planner nantinya didunia kerja akan memiliki kompetensi untuk melakukan perencanaan sebuah kota, menentukan tata guna lahan, sistem transportasi, serta mengatur aktivitas-aktivitas yang ada di dalamnya. sebagai contoh di sebuah kota terdapat berbagai macam komponen fisik seperti wilayah perkantoran, pemukiman, industri, sistem transportasi, dll. serta disisi lain juga terdapat komponen non-fisik seperti kemacetan, kepadatan penduduk, dll. Seorang planner harus menguasai semua aspek tersebut untuk dapat melakukan perencanaan yang baik sesuai dengan karakteristik wilayah yang ada.

Di dunia kerja seorang lulusan PWK dikenal selalu memiliki pemikiran yang runtut dan sistematis. Karena ketika belajar di PWK tidak hanya mempelajari perencanaan wilayah dan kota saja tetapi juga mempelajari keseluruhan proses yang ada, atau biasa disebut sebagai POAC: Planning, Organizing, Actuating,dan Controlling.

 

One thought on “APA ITU JURUSAN TEKNIK PLANOLOGI ?

Leave a comment